Baja



KAPAL BAJA

Kapal baja adalah kapal yang konstruksinya menggunakan material baja, pada umumnya kapal baja selalu menggunakan sistem konstruksi las karena pembuatan kapal menjadi lebih cepat dan berat kapal secara keseluruhan menjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan konstruksi keeling.

Keunggulan Kapal jenis baja material kuat untuk kondisi extrim, lebih mudah direparasi jika mengalami kerusakan dan usia pakai tahan lama dan lebih flexible bila digunakan untuk ukuran kapal diatas 35GT.

Plat baja yang digunakan untuk kapal merupakan baja yang berbeda dengan jenis baja yang ada pada umumnya. Sebagai perbandingan sebuah plat baja untuk kapal mempunyai kandungan campuran selain baja sebagai unsur utama plat. Plat baja kapal mempunyai bergai campuran unsur kimia diantaranya karbon, fosfor dan sulfur.

Plat baja untuk kapal mempunyai kelebihan pada tingkat ketahanan terhadap korosi air laut. Selain mempunyai kekuatan tarik yang lebih bagus, plat baja kapal mempunyai kadar karbon sebagai pelindung dari korosi. Untuk itu plat baja pada kapal dibuat khusus. Adapun tingkat kekerasan atau kekuatan tarik dari plat baja kapal lebih baik dari pada plat baja lainnya.

Untuk sertifikasi plat baja pada kapal melewati tahap pengujian atau serangkaian tes uji material. Hal tersebut tentunya harus mendapat persetujuan dari badan klasifikasi. Uji material pada plat kapal ditujukan untuk mengetahui performa dari material karena plat kapal ketika di laut mengalami beberapa defleksi yang terjadi akibat gesekan antara aliran air laut dengan badan kapal atau plat kapal. Jadi pengujian untuk plat kapal juga berbeda dengan plat yang bukan untuk plat kapal. Setelah dilakukan serangkaian uji material maka sertifikat dikeluarkan untuk mendapat nilai jual yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Sertifikat dibuat atas persetujuan laboratorium uji material dengan badan kalsifikasi kapal. Setelah itu pihak galangan selaku pembuat kapal dapat menggunakan plat tersebut seuai dengan kebutuhan konstruksi kapal.

 

Baja

 

Name of Ship: LCT. MAHAKAM JAYA
Year Build: Samarinda 2014
Registery: Samarinda
DWT: 400 Tons / GT. 206 No. 5724 / IIK
Flag: Indonesia
Class: BKI
Length: 35.41 m
Breadth Draft: 07.50 m
Draft: 02.50 m
Main Engine: Mitsubishi 8DC. 9, 320HPx2 unit
Gear Box: Dong Feeng 270 MB Ratio 1:4

Auxiliary Engine:
* Mitsubishi PS100+Generator 30KVA x 1unit
* Yanmar TF85+Generator 10KVA x 1 unit
* Water Pump NS 50 x2 unit
* OWS Seperator 0.25 m

Safety: Landing Boy 8 pcs XT.5555(720×440) Life Craft 1 pcs. A 10 Person
Life Jacket 10 pcs. Tife wcyc 93-1 Rescue (Tabung Pemadam) 4 unit.
Selang Pemadam 2 Set + Nozel

Navigation: UHF,SSB.GPS, GPS 3 in 1, Echosounder, Compass, Radar, Lampu Soklay, Kaca Kabut
Speed: 6-7 Knot
Fuel Comsumtion : 1,920 Tons/Day
Facility: Ramdor, Jangkar Electrik, Wind
Fuel Tank Capacity: 30 Tons
Fresh Water Tank: 30 Tons
Starring: Hidrolik / Manual